DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-78 TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 22:38:09  Administrator  285 Kali Dibaca 

Dulu kala nenek moyang kita datang dari bukit turun ke nagari ini yang pertama didapatinya adalah Guguak dan hari telah malam, maka bermalamlah mereka disitu. Keesokan harinya dari puncak Guguak tempat mereka berisitirahat dinakan Guguak Sijoeh, Guguak yang dibagian depan dinamakan Guguak Rondah. Guguak yang disebelah kanan yang lebih tinggi dari yang lainnya dinamakan Guguak. Disinilah asal mula kata “GUGUAK”.

Kata “VIII Koto” berasal dari Jumlah Koto / Jorong dalam wilayah Guguak ini. Sehingga akhirnya diberi nama : “NAGARI GUGUAK VIII KOTO”

Nagari Guguak VIII Koto yang terletak dalam NAGARI AMPEK BANTUA yang terdiri dari : NAGARI GUGUAK VIII KOTO, NAGARI VII KOTO TALAGO, NAGARI KUBANG, DAN NAGARI SUNGAI TALANG.Nagari Guguak VIII Koto sesuai dengan tutua urang tuo mempunyai ulayat sebagai berikut : “Mulo dari Gontiang Baruah Kubang, sejak dari Aie Batopuak, Sailiran Batang Pinamang, Salingka Bonda Boncah, Salingkuang Batang Pilola, Salapan Koto di dalamnya. Ompek Koto Diateh Tigo Koto Dibaruah, Ciek Koto Katinggihen. Ma Nan Ompek Koto Diateh : Balai Mansiro Jo Kubang Tungkek, Balai Tolang Jo Pincuran Botuang. Ma Nan Tigo Koto Di Baruah : Guguak, Tiaka, Kuranji"

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur NAGARI

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah NAGARI

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:26
    Kemarin:69
    Total Pengunjung:18.298
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.225.98.192
    Browser:Mozilla 5.0